6 Trik Pilih Tempat “Kos”

Minggu, 24 Oktober 2010 07.17 Diposting oleh fitriana_lestari

Memilih kuliah ke luar kota bahkan ke luar pulau berarti harus siap tinggal jauh dari orang tua. Jika punya saudara di dekat kampus, sih, enak. Namun, bagaimana jika terpaksa harus ngekos ?
Memilih tempat kos berarti memilih lokasi yang akan ditempati selama kurang lebih hingga empat tahun ke depan. Jika suasananya tak nyaman, bisa jadi prestasi di kampus akan terganggu. Oleh sebab itu, berikut adalah beberapa hal yang dapat menjadi masukan untuk anda memilih tempat kos.


1. STRATEGIS
Tempat kos sebaiknya berlokasi strategis dekat dengan kampus dan berbagai macam fasilitas seperti warnet, warteg, dan tempat fotokopi. Selain itu, memilih tempat kos yang dekat kampus pun secara otomatis akan menghemat biaya transportasi.


2. LANTAI ATAS atau BAWAH ?
Tempat kos biasanya menyediakan dua opsi yaitu lantai atas atau bawah. Sebagian orang biasanya lebih memilih tinggal di lantai atas dengan alasan untuk menikmati pemandangan. Padahal, beberapa kasus mengungkapkan, kamar di atas suhunya lebih panas. Selain itu, bagi yang pelupa tentu akan repot jika ada barang yang tertinggal di kamar.


3. KEAMANAN
Tak hanya nyaman, tempat kos yang baik pun tentu harus aman. Salah satu indikasinya dapat dilihat apakah lingkungan sekitar tempat kos cukup ramai atau sepi. Selain itu, pastikan juga ada tempat khusus untuk penitipan kendaraan atau yang sering kita sebut dengan lapak parkir. Tempat kos yang memiliki anjing penjaga juga dapat menjadi pilihan.


4. CAHAYA dan UDARA
Ventilasi kamar memegang peranan penting bagi peredaran keluar masuknya udara dan cahaya. Coba perhatikan apakah sirkulasi udara dan cahaya di kamar tersebut baik. Indikasinya dapat terlihat dari rasa pengap kamar. Akan lebih baik lagi jika kamar tersebut dilengkapi exhaust fan.


5. AIR
Ketersediaan air untuk kebutuhan sehari-hari pun patut diperhatikan. Apalagi jika tempat kos tidak menyediakan kamar mandi dalam. Jangan sampai sudah capai-capai mengatri, tiba-tiba air di kamar mandi malah sudah terlanjur habis.


6. BIAYA
Sebelum menetukan tempat kos, ada baiknya mencari referensi yang lain dulu. Boleh jadi di tempat lain ada tempat kos yang sesuai bujet dengan fasilitas yang cocok pula. Selain itu, tanyakan juga ke pemilik kos apakah ada biaya tambahan untuk tambahan peralatan elektronik seperti TV, Komputer, dan Penanak Nasi.




Sumber : Koran Kompas

0 Response to "6 Trik Pilih Tempat “Kos”"

Posting Komentar

selalu kasih kommentar buat fitri yua teman-teman, karena kicauan teman teman adalah guru buat aku,, maksih udah berkunjung..